Mendikbud Resmikan SMK Muh 5 Gresik Yang Dibangun di Atas Tanah Hibah Polowijo Gosari Group

19 Maret 2019

Polowijo Gosari - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof Dr. Muhadjir Effendy meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Kabupaten Gresik pada Selasa, 19 Maret 2019. Turut hadir dalam peresmian ini ketua umum Muhammadiyah, Dr KH Haedar Nashir dan Chairman Polowijo Gosari Group H.A Djauhar Arifin.

Sekolah seluas 3.8 Hektar ini merupakan hibah dari Perusahaan Polowijo Gosari Group. Sekolah yang terletak di Jalan Surowiti, Panceng, Kabupaten Gresik ini selanjutnya akan dijadikan sekolah percontohan di mana para siswanya akan menjadi tenaga yang siap kerja yang terkoneksi langsung dengan PT. Polowijo Gosari.

Mendikbud, Muhadjir Effendy sangat mengapresiasi keberadaan SMK Muhammadiyah 5 atau yang biasa disebut SMK Mulia tersebut, yaitu untuk membantu mengembangkan kawasan pertanian di wilayah Gresik.

"Sangat bagus sekali kolaborasi Muhammadiyah dengan PT. Polowijo Gosari untuk mengembangkan kawasan ini. dan SMK Muhammadiyah saya kira sesuai untuk kebutuhan industri pilihannya bidang kelautan dan bidang pertanian," ujarnya.

Keberadaan SMK Mulia sendiri sudah sesuai dengan konsep yang diinginkan Kemendikbud. Artinya, siswa yang lulus selain siap kerja juga akan langsung diterima oleh perusahaan karena sudah ada perusahaan yang siap menampung dan sesuai dengan pendidikan yang ditempuh di sekolah. Dengan program ini siswa tidak bingung lagi setelah lulus sekolah untuk mencari kerja.

Di tempat yang sama Chairman PT. Polowijo Gosari, H.A Djauhar Arifin menjelaskan bahwa keberadaan SMK di wilayah Gresik Utara ini akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

"Tahun ini buka, tiga tahun lagi kita offtaker disini, pabrik saya tahun 2020 butuh 2.500 tenaga kerja yang terdidik, cuma disana industri disini pertanian diambil dari SMK," Ucap Chairman Polowijo Gosari Group.

Di tempat terpisah, kepala sekolah SMK Mulia, Uripan Nada mengatakan keberadaan SMK Mulia mendapat respon positif dari masyarakat, saat ini sudah banyak siswa yang mendaftar. Pada tahun pertama buka pihaknya menerima 72 siswa baru.

"Baru 32 siswa yang sudah mendaftar melalui online, paling jauh ada yang dari Riau, Bandung ada yang dari Kediri," Uripan Nada menerangkan.

Selain hibah untuk SMK 5 Muhammadiyah ini, PT. Polowijo Gosari juga telah memberikan hibah Ribuan hektar tanah untuk kawasan inovasi Gresik Utara, diantaranya: Hibah tanah untuk waduk air kepada Kementrian PU, untuk memenuhi kebutuhan 35 ribu kepala keluarga petani agar pendapatan mereka meningkat dan taman teknologi pertanian yang telah diresmikan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada tahun lalu bersama Gubernur Jawa Timur akan menginisiasi teknologi Jawa Timur, memberikan paket pemupukan dan pengawalan teknologi.

Other News

Copyright PT Polowijo Gosari Indonesia © 2021 All Rights Reserved